Baksos Panti Asuhan Al-Mukhtariyah Alumni SMP N. 7 Plg

Bookmark and Share
PROPOSAL
KEGIATAN BUKA BERSAMAdan BAKTI SOSIAL
ANAK YATIM PIATU “AL-MUKHTARIYAH” PALEMBANG


I.   PENDAHULUAN
           
Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat, berkah, dan juga ampunan dari Allah swt. Bulan dimana di ijabah segala do’a, diampuni segala dosa, dan diterima segala amal terutama bila semua itu dilakukan semata-mata hanya untuk mencari keridhoan dari Allah swt. Dari itu kami (Komunitas Alumni SMP Negeri 7 Palembang Angkatan 2006) memiliki niat untuk mengadakan acara “BUKA BERSAMA DAN BAKTI SOSIAL ANAK YATIM PIATU DI PANTI ASUHAN AL-MUKHTARIYAH PALEMBANG”, agar kita dapat bersama-sama menjalankan perintah Allah dan Rasul-Nya, hingga pada akhirnya kita semua mendapatkan keridhoan dari Allah dan Rasul-Nya seperti yang kita harapkan. Acara ini jua sebagai ajang silaturahim bagi Alumni SMP Negeri 7 Palembang Tahun 2006 dan juga penghapus kesenjangan sosial diantara kita karena kita semua sama, kecuali ketakwaan kepada Allah swt sebagai pembedanya.


II. LANDASAN TEORI
            1. Allah berfirman dalam QS. Al-baqarah:177 yang artinya:
Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan salat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.”

2.  Terdapat pula perintah Allah pada surah Al-baqarah ayat 215, yang artinya:
Mereka bertanya kepadamu tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: "Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan." Dan apa saja kebajikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya.

3. Beberapa Sabda Nabi Muhammad saw:
            a. Dari Ibnu Abbas r.a. bahwa Nabi saw bersabda : “barang siapa yang memberi makan dan minum seorang anak yatim diantara kaum muslimin, maka Allah akan memasukkannya kedalam surga, kecuali dia melakukan satu dosa yang tidak diampuni.
            b. Imam Ahmad dalam musnadnya meriwayatkan dari Abu Hurairoh r.a. hadits yang berbunyi : “Dari Abu Hurairoh, bahwa seorang laki-laki mengadu kepada Nabi saw akan hatinya yang keras, lalu Nabi berkata: usaplah kepala anak yatim dan berilah makan orang miskin


III. PROFIL PANTI ASUHAN
            PantiAsuhan Al-Mukhtariyah mulai didirikan pada tahun 2004 oleh Ibu Zulini Maidah Ishak. Panti asuhan tersebut telah menampung sebanyak 60 anak dengan latarbelakang yang berbeda, mulai dari usia 4  sampai dengan 18 tahun. Namun dengan berjalannya waktu, beberapa anak ada yang sudah keluar daripanti dikarenakan telah selesai menempuh pendidikan, mulai dari SMP hingga SMA.Sampai dengan sekarang jumlah anak di panti tersebut sebanyak 25 anak.
Panti yang pada awalnya berlokasi di Lr. Binjai Kelurahan 4 Ulu Palembang ini, telah memiliki beberapa orang donator tetap, namun walaupun begitu, kebutuhan yang diperlukan masih sangat jauh dari kata cukup, terutama kebutuhan pokok seperti beras.Namun tidak hanya itu, Pendiri panti juga mengatakan bahwa mengenai tempat tinggal, dahulunya mereka harus mengontrak di beberapa tempat. Hal ini dikarenakan belum adanya dana untuk membeli tempat tinggal yang tetap. Namun sekarang Alhamdulillah, Panti ini telah memiliki tempat tinggal tetap di Jl. K.H. Wachid Hasyim Lr. Semendawai 1 Rt44 ,4 Ulu Darat (Depan Kantor Camat SU.1) Kertapati Palembang, walaupun hanya terbuat dari papan kayu. Dan semoga saja nanti akan ada para donator yang mau memberikan tempat tinggal yang lebih baik.

IV. RENCANA KEGIATAN
            1. Pembukaan
                        a. Pembacaan ayat suci Al-qur’an
                        b. Kata Sambutan
            2. Acara Inti
                        a. Pembacaan Al-Ma’tsurat bersama-sama
b. Simbolisasi Serah Terima Bantuan
            c. Buka Bersama
            d. Sholat Maghrib Berjamaah
3. Penutup
            a. Games
            b. Pembagian Hadiah
            c. Do’a Penutup

V. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Hari / Tanggal              : Sabtu/ 27 Juli 2013
Pukul                           : 16.00 s.d. Selesai
Tempat                        : Panti Asuhan Al-Mukhtariyah Jl. K.H. Wachid Hasyim Lr. Semendawai 1 Rt44 ,4UluDarat (Depan Kantor Camat SU.1) Kertapati Palembang.

VI. RINCIAN ANGGARAN

No
Keperluan
Kuantiti
Harga Satuan (Rp)
Jumlah
  1. Bantuan

1.
Bantuan Sembako
-
-
Rp.  200.000
2.
Bantuan Alat Tulis
-
-
Rp.  150.000
Jumlah
Rp. 350.000
  1. Perlengkapan

1.
Al-Ma’tsurat
50 buah
Rp. 2000
      Rp.    100.000
Jumlah
      Rp.    100.000
  1. Konsumsi

1.
Kurma
4 kotak
Rp. 40.000
Rp.   160.000
2.
Snack
50 kotak
Rp. 5000
Rp.   250.000
3.
Nasi Kotak
50 Kotak
Rp. 15.000
Rp.   750.000
4.
Air Mineral
3 Dus
Rp. 20.000
      Rp.     60.000
Jumlah
Rp.    1.120.000
Total (A+B+C)
     RP. 1.550.000

Bantuandapatdisalurkanmelalui via transfer di rekening:
·         BCA 0212564654 a.n DoniPratama
·         BNI 0191856234 a.n Lasriadi
·         Bank SumselSyariah 8010992881 a.n HeniYuliati

Denganterlebihdahulukonfirmasike 08980909597 dengan format:
Nama_Besarnya bantuan

Selain itu kita juga menerima bantuan berupa sembako dan pakaian layak pakai, dengan menghubungi 08980909597 (ikhwan) atau 089627060656 (akhwat).

Demikianlah proposal Kegiatan Buka Bersama dan Bakti Sosial di Panti Asuhan Al-Mukhtariyah, disusun untuk menjadi acuan dalam kegiatan yang dimaksud, dan untuk tertib dan suksesnya kegiatan tersebut dimohon bantuan dan partisipasi aktif dari semua pihak.

                                    Palembang, 14 Juli 2013


Panitia Pelaksana

Bendahara                                                   Sekretaris


 Heni Yuliati                                               Juneni, A.Md



Ketua Pelaksana


Lasriadi


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }